Cara Mengaktifan Pengaturan POP dan IMAP Pada GMail

Jika kamu sering menggunakan fasilitas E-mail baik itu dengan server GMail ataupun Yahoo! Mail pastinya pernah mendengar apa itu POP dan IMAP. Untuk memasang akun GMail dan Yahoo! di Microsoft Office Outlook juga membutuhkan pengaturan terhadap POP dan IMAP ini.

Cara Mengaktifan Pengaturan POP dan IMAP Pada GMail
POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Dimana POP akan mendownload email dari server dan menyimpannya di komputer/laptop sedangkan IMAP hanya akan menampilkan email yang ada di server saja, sehingga kamu harus memiliki koneksi internet ketika akan melihat email-email tersebut.

Sebelum bisa memasang akun GMail di Microsoft Office Outlook, kamu harus mengaktifkan settingan POP dan IMAP di GMail menjadi 'Enable'.

Baca juga: Mengubah Audio M4A Menjadi MP3 Dengan Faasoft Audio Converter
Berikut ini Desktop-kun uraikan langkah-langkah pengaktifan POP dan IMAP pada GMail agar kamu bisa memasang akun GMail pada software Microsoft Office Outlook.

.: Log-in GMail

POP IMAP GMail - Login Akun GMail Dari Browser
:. Masuk/log-in ke akun GMail kamu melalui browser (Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dll) kemudian klik pada ikon "" yang ada di pojok kanan atas.

:. Masuk ke halaman pengaturan akun GMail dengan mengklik pada pilihan 'Settings'.

POP IMAP GMail - Masuk Ke Halaman Pengaturan POP IMAP
:. Klik 'Forwading and POP/IMAP' untuk melihat tabel pengaturan POP dan IMAP pada GMail.

Pengaturan asal POP dan IMAP pada GMail adalah 'Disable' atau tidak aktif, sehingga ketika kamu menambahkan akun GMail pada Microsoft Office Outlook akan terjadi error saat proses 'Send and Receive'.

POP IMAP GMail - Aktifkan Pengaturan POP dan IMAP
:. Untuk mengaktifkan POP klik pada pilihan 'Enable POP for all mail'.

:. Aktifkan juga pengaturan IMAP dengan memilih 'Enable IMAP'.

:. Klik tombol 'Save Changes' untuk menyimpan perubahan pengaturan POP dan IMAP GMail.

Dan langkah terakhir adalah mengaktifkan 'Allow less secure apps' pada link berikut https://myaccount.google.com/security#connectedapps, agar inbox email bisa di download oleh Microsoft Office Outlook nantinya.
POP IMAP GMail - Aktifkan Allow less secure apps

Proses pengaktifan POP dan IMAP pada akun GMail pun selesai, sekarang kamu bisa menambahkan akun GMail pada Microsoft Office Outlook 2016.


0 komentar:

Post a Comment